Membangun Hackintosh OS X

Sedikit wacana dari saya mengenai hackintosh. APA HACKINTOSH ITU? Hackintosh adalah kegiatan dimana kita dapat menginstal Mac OS di komputer atau pun Leptop kalian masing masing, dengan melalui serangkaian lika liku kerumitan. Karena pada dasarnya Mac OS tidak bisa dinstal pada hardware non apple 😀 Berikut penjelasannya monggo disimak..

Dasar-Dasar

Bagian I

Pertama, untuk menginstall OSX pada Komputer non Apple sebenarnya tidak mungkin dikarenakan architecture hardware apple (sebelum menggunakan intel processor) dan kebanyakan PC yg kita punya berbeda.

Tetapi semenjak apple memproduksi komputer dengan menggunakan Hardware “standard PC (Architecture x86)” hal itu dimungkinkan. karena pada intinya komponen Hardware yang dipakai apple tersedia bebas di pasaran. Masalahnya adalah apple tidak akan memudahkan pengguna pc standard dengan mudah untuk menginstall Operating System OSX-nya.

Dari segi Hardware kalau kita lihat product line-nya Apple, jika dibandingkan dengan produsen komputer lainnya, seperti HP, IBM, Acer, dsb, terlihat sangat sedikit sekali modelnya.

Berarti Apple hanya menggunakan komponen hardware yang tidak terlalu bervariasi. Beda halnya dalam dunia “standard PC”, dimana komponen lebih mudah ditukar. komponen ini didukung oleh para produsen hardware dalam bentuk penyediaan driver untuk operating system yg tersebar luas, yaitu Windows.

Harapan untuk menginstall OSX pada “standard PC” makin membesar ketika apple membuat Operating system yang beradasar dari BSD. Dimana diketahui bahwa BSD bekerja pada architecture x86. Sekarang harapan itu sudah menjadi kenyataan, dengan banyaknya community yang berusaha membuat hal ini menjadi lebih mudah.

Jadi pada intinya apabila kita ingin menginstal OSX di dalam “PC standard” kita, sebaiknya kita berusaha mendekati spesifikasi Hardware yang di pakai pada Komputer keluaran Apple. Selain itu perlu diketahui bahwa instalasi OSX bukanlah sesuatu yang pasti, karena banyaknya variasi komponen yg beredar luas di pasaran.

Bisa jadi jika si A berhasil menginstall OSX di PC standardnya, si B dengan spesifikasi yang sama tidak berhasil. Biasanya faktor BIOS lah yang menentukan. Dan untuk menjalankan hackintosh semirip mungkin dengan aslinya diperlukan lagi usaha2 yanglebih gigih lagi.


Bagian II. Jenis Instalasi dan Kebutuhan

Jenis – jenis installasi OSX pada “standard-PC” yg banyak dipakai orang

1. Menggunakan media OSX asli (sering disebut retai install)
2. Menggunakan Distro Hackintosh ( Iatkos, IPC, Hazard, Ideneb, Niresh, dll)

kalau dikelompokan lagi dengan menggunakan jenis media nya adalah:

1. Install langsung menggunakan OSX yang sudah jalan ( bisa hackintosh maupun mac asli) ke HDD
2. Install melalui DVD dan boot CD.
3. Install melalui DVD Distro

kedua cara terakhir bisa dilakukan juga dengan menggantikan DVD menjadi Flash disk atau external HDD. Dengan syarat pembuatan FD ataupun external FDD Installer OSX dilakukan semuanya melalui OSX yg sudah berjalan.
Yang dibutuhkan untuk menginstal OSX ke dalam “Standar PC” kita adalah sbb:
1. Spesifikasi komputer secara Detail. ( Southbridge Chip, Sound Chip, Lan Chip, IDE Chip, dll termasuk webcam )
2. Media install ( Distro, boot cd, OSX retail )
3. Komputer
4. Pengetahuan dasar hardware komputer.
5. Keinginan.(Belajar lebih )
6. Waktu
7. Komunikasi ( internet, BBM, YM, dsb).

Bagian III. Action

Pada umumnya saat kita sudah mempunyai semua yang dibutuhkan, kita akan langsung mencoba. Kalau berhasil, berarti anda beruntung kebetulan mempunyai hardware yg didukung oleh installer atau anda mempersiapkan proses instalasi dengan baik. Tetapi kebanyakan mengalami problem, bahkan pada saat booting media instal.

Untuk meminimkan masalah yang akan timbul saat menginstall OSX di “PC Standard” ane akan kasih beberapa tip dari pengalaman sendiri.

Pre instalasi
1. Sebelum proses instalasi ketahuilah semua komponen Hardware.
2. Cari tahu apakah komponen itu kompatibel dgn OSX.
3. Copot hardware yg tidak mendukung system, artinya komputer dikonfigurasi seminim mungkin.
4. Pakai RAM jangan lebih dari 4 gb.
5. cari tahu subtitusi harware yg bermasalah. Contoh wifi tidak didukung, kita bisa pakai wifi adapter lain yg lebih kompatibel
6. Kalau sudah mengetahui ada komponen yg tidak kompatibel, pertimbangkan mau tetap instal atau tidak. (contoh: CI/QE tidak jalan sangat tidak nyaman )
7. Cari tahu metode instalasi mana yang cocok dengan hardware kita. ( Berlaku juga dengan distro)
8. jika sudah tahu dan diputuskan u/ install, sediakan semua kebutuhan di atas, media dapat beli atau download.

Instalasi:

1. Pastikan HDD dan optical Drive menggunakan SATA.
2. Di BIOS, Set SATA ke AHCI
3. Pastikan ACPI v.1 dan suspen mode S3.
4. Gunakan HDD Kosong, sementara jangan berfikir u/ dual atau triple boot.
5. Gunakan USB Keyboard dan Mouse. Berlaku juga pada laptop.
6. Pilih Skema partisi GUID (GPT)
7. Pilih hanya kext yang dipurluin untuk system spt southbridge, ACPI. Sisanya setelah masuk OSX baru install.

Intinya, pastikan masuk OSX hasil instalasi, baru install yang lain 2. Kurang lebih sama seperti install windows, driver diinstall setelah masuk windows….

Post install:

1. Ingat, catat dan berusaha mengerti cara install OSX serta cari info ttg komponen 2 yg telah terinstall.
2. kalau sudah mengerti instalasinya, coba satu per satu install kext atau software untuk hardware yg belum dikenal.
3. Cari bootloader yang paling cocok untuk HW anda.
4. Cari info ttg DSDT, apa cocok dengan HW kita atau tidak.

 

 

Istilah – istilah dalam Hackintosh

Bootloader : program khusus untuk boot Operating system.

Kernel : Inti dari operating system.

Kernel Panic (KP) : System Hang harus direstart dengang reset button

Vanilla Kernel : Kernel Asli dari Apple

Chameleon : bootloader yg populer dalam Hackintosh yang juga bisa mendeteksi Hardware kita sehingga tak perlu kext.

Kext = Kernel Extension = driver

(/S/L/E) singkatan dari folder /System/Library/Extensions

(/E/E) /Extra/Extensions lokasi folder yang di buat oleh Chameleon, tujuan untuk tidak mengganggu S/L/E

EFI Extensible Firmware Interface  system software yang menggabungkan OS dan firmware platform. Membantu OSX untuk mengenali device pada system hackintosh.

DSDTDifferentiated System Description Table  bagian ACPI dari BIOS computer. OSX tidak mempunyai implementasi ACPI yang lengkap. Dengan memodifikasi DSDT, support untuk hardware akan lebih baik.

Kext Apa itu?

Sederhananya, Kext = Driver di dunia windows..
Kext dibutuhkan oleh hardware untuk bisa ‘berkomunikasi’ dengan OS (dalam hal ini MacOSX). Secara default, MacOSX sudah menyertakan banyak kext untuk mendukung berbagai macam hardware. Tapi tentunya terbatas pada hardware2 yg biasa dipakai di real Mac. Untuk hardware2 lain mungkin membutuhkan kext tambahan khusus. Tanpa adanya dukungan (instalasi) kext yang sesuai untuk hardware PC terhadap OSX86, maka system tidak bisa mengoptimalkan fungsi hardware seperti VGA; LAN; usb port; audio; keyboard & mouse, serta periperal lainnya.
Pada kasus OSX86 Snow leopard (via retail OSX), kext cukup di instalkan kedalam directory /Extra/Extentions. Instalasi kext di OSX86 menggunakan aplikasi seperti kexthelper atau OSX86tool, yang akan membantu membuat perintah pada terminal agar OSX86 bisa mengenali keberadaan kext yang baru, sehingga OSX86 bisa mengenali driver periperal pada motherboard PC.
Kext cache (Extensions.mkext)
Karena begitu banyaknya kext yg disertakan dalam instalasi OSX, padahal ngga semua kext itu dipake, akan kurang efisien kalo semua kext itu di load pada saat booting. untuk itu, dalam OSX dikenal istilah kextcache. kextcache adalah suatu file (Extensions.mkext) yg berisi hanya kext-kext yg dibutuhkan sesuai konfigurasi hardware bersangkutan, secara default, pada waktu booting, OSX akan mencari kextcache terlebih dahulu.. kalo file mkext ini ngga ketemu (atau dengan perintah khusus), baru dia loading semua kext yang ada.

 

/S/L/E dan /E/E
/S/L/E = /System/Library/Extensions 
ini adalah direktori tempat Apple naro berbagai kext-nya. Pada proses software update, isi dari direktori ini biasanya ikut terupdate. jadi, hati2 apabila menggunakan patched kext di direktori ini…

/E/E = /Extra/Extensions
 Direktori dibuat dan dibaca oleh Chameleon. Tempat alternatif untuk kext. Tidak terpengaruh sama software update. Tapi ngga semua kext bisa ditaro disini.

EFI (Extensible Firmware Interface)

Spesifikasi yang berfungsi sebagai interface antara OS dan firmware. EFI ditujukan sebagai pengganti firmware BIOS. Spesifikasi EFI awalnya dikembangkan oleh Intel, dan kini dikelola oleh Unified EFI Forum.
GPT (GUID Partition Table)

GPT adalah standar layout untuk tabel partisi di HDD. GPT merupakan bagian dari EFI, sedangkan BIOS menggunakan MBR. BPT menggunakan LBA (Logical Block Addressing) modern sebagai pengganti CHS (Cylinder-Head-Sector) yang dipakai oleh MBR.

Journaled

Fitur yang membantu melindungi file system dari kegagalan komponen atau kehilangan daya listrik secara tiba-tiba. Journaled pertama kali diperkenalkan di Mac OSX Server 10.2.2 dan Mac OSX 10.3. Saat fitur journaled diaktifkan di sebuah disk, perubahan file akan terus dicatat secara kontinyu. Jadi saat terjadi kegagalan daya atau masalah hardware, journal akan dipakai untuk me-restore disk ke saat belum terjadinya masalah.
Kernel
Inti dari sebuah OS yang bekerja menangani resource dan kinerja hardware. Kernel juga menjadi jembatan bagi aplikasi lain untuk menggunakan resource tersebut. Semua aplikasi yang berjalan di atas sebuah OS dirancang sesuai dengan karakteristik kernel. Ketangguhan sebuah OS sangat tergantung dari kehandalan kernelnya.

Mac OS Extended / HFS Plus

Mac OS Extended adalah file system yang dikembangkan oleh Apple untuk menggantikan HFS (Hierarchical File System). HFS+ mendukung file yang lebih besar atau 32-bit dan menggunakan penamaan Unicode.

SMBIOS,

Berguna untuk meng-emulasi BIOS supaya seolah-olah mirip dengan Hardware Apple yang sebenarnya. Tujuannya sederhana, agar lebih mendukung sistem Mac OSX yang terinstall di hardware PC (non Apple) dan memungkinkan updater ke Official Mac website. Biasanya kalo SMBIOS sdh terinstall di PC sebagai Hackintosh, pada System Profiler akan terbaca sebagai “MacPro; MacBook; bahkan MacBook Air *” lokasi smbios ada pada folder Extra

dsmos = Dont Steal Mac OS X

Dont Steal Mac OS X.kext = adalah kext dari Apple yang tugasnya untuk mencegah OS X di-install di hardware yang bukan Apple a.k.a Hackintosh, Kalau mau experiment silahkan hapus Dont Steal Mac OS X.kext dari S/L/E anda dan lihat apa yang terjadi.
Tentu Dont Steal Mac OS X.kext ini oleh Apple dibuat memakai encryption dengan algoritma yg sulit dibaca/dipecahkan oleh orang awam, atau juga bisa disebut sebagai key. Untungnya jawara2 OSX86 a.k.a Netkas punya kemampuan diatas rata-rata untuk membuka key/kunci ini.

Lahirlah dsmos.kext yang juga di sebut Decrypter (lawan kata dari encryption), kemudian bermunculan Decrypt.kext juga AppleDecrypt.kext yang fungsinya sama, yakni pembuka kunci Dont Steal Mac OS X.kext ini.

Ketiga kext ini malang-melintang di dunia per-Hacintosh-an dari 10.4.4 sampai 10.5.8, dan di awal lahirnya 10.6, lahir juga fakesmc.kext yang tugasnya sebagai pembuka kunci, sekalian berkemampuan menipu OS X bahwa di Hackintosh kita ada device SMC.

Di PC Hackintosh kita wajib memiliki kext ini (pilih satu saja yang cocok untuk anda ), atau OS X tidak akan membuka pintu untuk PC anda alias KP

Apa itu ACPI?

ACPI(Advanced Configuration and Power Interface) mendefinisikan sejumlah besar tabel antarmuka (interface) antara ACPI-compliant sistem operasi dan sistem firmware. Ini memungkinkan sistem mendeskripsikan perangkat keras secara independen ke dalam platform, dan tetap disajikan sebagai salah satu format struktur data yang disebut ACPI Machine Language (AML). **oleh: digi (Kopdar3 hackintosh)

Apa itu DSDT?

DSDT adalah tabel utama AML pada BIOS. Tabel ini memberitahu Sistem Operasi bagaimana cara berinteraksi dengan hardware yang berisi informasi tentang sistem dasar seperti Processor, Audio, LAN, USB, Power Management dll. Masalahnya adalah bahwa OSX memiliki implementasi ACPI yang tidak lengkap yang hanya mendukung sebagian dari DSDT.

Apakah kita (di OSX86) memerlukan DSDT?

Jawabannya ya, dengan menambah/mengubah/override atau mengedit DSDT dengan benar, kita dapat membuat antarmuka yang dasarnya sama tetapi dalam cara yang dimengerti OSX86. Ini secara potensial dapat memecahkan hampir semua masalah yang berhubungan dengan ACPI. **oleh: digi (Kopdar3 Hackitosh)

Apa itu DSDT Patching?

Adalah DSDT.aml yang telah di modifikas untuk melakukan beberapa fix terhadap hardware seperti CMOS reset, speedstep, Native GFX, AppleHDA, USB UCHI/EHCI, dll. Tentu saja DSDT yang dimodifikasi terhadap hardware tertentu pada PC tidak bisa diterapkan begitu saja pada PC yang lain.
Apa itu SMC & RTC?
SMC singkatan dari System Management Control, Oleh reset SMC anda bisa menyelesaikan beberapa masalah komputer seperti tidak bisa start, tidak dapat menampilkan video, sleep, masalah kebisingan kipas, dll.
Sementara RTC (Real time Clock) adalah sebuah Chip pada Logicboard (Motherboard pada mesin Apple) yang mengatur fungsi tanggal & waktu pada komputer. Pada kasus OSX86, Jika komputer mengalami masalah boot, pengaturan ulang pada RTC dapat menyelesaikannya.

Apa itu Vanilla system Compatible?

Kernel Vanilla (original kernel dari MacOSX) yang kompatible dan mampu dijalankan pada OSX86, tanpa patch atau modifikasi terhadap kernel tersebut. System yang mampu dan didukung oleh Vanilla Kernel adalah PC yang memiliki processor berbasis core 2. Sedangkan PC dengan processor AMD & Pentium (4, D, i7 dan Atom) harus menggunakan kernel modiifikasi seperti voodoo, AnV XNU; Qoops, TOH, dll.

Apa itu Emulasi EFI?

EFI adalah Extention Firmware Interface. Istilah ini hanya ada pada mesin Apple (BIOS nya Apple macintosh). Pada OSX86, Emulasi EFI adalah EFI yang telah dimodifikasi untuk mengelabui hardware pada PC, seoalah-olah hardware tersebut adalah mesin Apple yang sesungguhnya, melalui bootloader. Distribusi Emulasi EFI pada OSX86 adalah PC_EFI dan Chameleon. Hampir semua Distro OSX86 mempunyai emulasi EFI yang telah terintegrasi didalam installernya. Emulasi EFI dibutuhkan dalam penggunaan Kernel & kext, termasuk skema partisi GPT/MBR & EFI String. Pada kasus instalasi OSX retail pada PC, Emulasi EFI sering digunakan pada Bootable disc seperti Boot132 dan Empire EFI atau Reabel EFI (pystar).

Apa itu EFI String?

EFI String adalah salah satu cara mengaktifkan VGA yang compatible dengan OSX86, tanpa harus menginstalkan driver atau kext injector seperti NVInject; NVKush; Natit,dll. EFI String bisa diaktifkan lewat OSX86tools, melalui View PCI Device/Vendor ID. OSX86 akan mengenali keberadaan VGA yang compatible jika string telah diaktifkan dengan cara menuliskannya pada file system com.apple.Boot.plist sehingga VGA akan diregistrasi & di enabled pada saat boot. EFI String menjadi tidak berfungsi apabila system telah terinstal driver atau injector yang tidak cocok dengan VGA yang anda gunakan.
DMG adalah singkatan dari Disk Image. DMG adalah sebuah file container untuk menyimpan applikasi atau berkas/ data (=bisa app; mpkg; dll). DMG mempunyai feature kompresi dan enscripsi. DMG mirip seperti Zip atau RAR, namun DMG spesifik hanya kompatible terhadap system operasi Macintosh. DMG bisa Read/write karena bersifat flexible pada saat di Mount, sehingga kita bisa menambahkan atau mengurangi isi didalamnya dan menyerupai drive (berbeda dengan RAR/ZIP) pada aplikasi Finder, namun demikian proteksi (password) dan status read only juga bisa diberlakukan pada file DMG pada feature nya.
DMG bisa dibuat dengan aplikasi Disk Utility (Application/Utility), dan diperkenalkan pertama kali sebagai Disk Copy pada Mac OSX 10.2.3. Karena DMG bersifat container, bisa mount dan sebagai simulasi drive, maka statusnya sama dengan ekstensi lain seperti *.ISO dan *.toast, sehingga untuk mengubah DMG menjadi ISO atau Toast cukup dengan me-rename extensi nya saja. Hasil conversi DMG sebuah installer, bisa langsung di Burn kedalam DVD sebagai bootable. Pada system operasi windows, DMG hanya bisa diconversi menjadi ISO dengan program PowerISO, sedangkan untuk membukanya harus menggunakan program: TransMac, HFSExplorer, 7-Zip , UltraISO, IsoBuster atau MacDrive.

Apa itu *.mpkg atau *.pkg?

MPKG adalah singkatan dari Meta Package. Atau secara deskripsi disebut sebagai Macintosh paket installer yang berisi semua file installasi yg diperlukan dalam satu paket tunggal Mac OS X.
MPKG lebih dikenal sebagai file installasi, sama seperti halnya *.exe dalam system operasi Windows. Isi dalam MPKG bisa berupa banyak kext driver atau app secara menyeluruh dengan tujuan instalasi yang telah ditentukan. Dalam OSx86, ekstraksi & installasi sebuah file MPKG lebih terarah dengan menggunakan applikasi Pacifist. Dengan Aplikasi Pacifist, kita dapat memilah apa saja yang mau diinstall atau tidak di dalam sebuah file MPKG. Maka tidak heran, perubahan dari hasil install MPKG dengan cara double klik dibandingkan dengan App pacifist terkadang memberikan hasil (perubahan efek) yg berbeda.

Apa itu *.app?

App sigkatan dari Applications. Applications adalah aplikasi/ software paket yang berjalan pada system operasi Macintosh. Sebuah App adalah content yang berisi fungsi dan berbagai file system yang mendukung berjalannya aplikasi tersebut.

Di Macintosh sebuah App adalah unik, karena beberapa diantaranya tidak membutuhkan proses installasi, cukup “drag & drop” saja dan bisa dicopykan ke system operasi Macintosh yg lain tanpa harus melalui proses install ulang, demikian juga proses uninstallnya, cukup “move to trash” dan tidak membebani maupun mengganggu kinerja system secara keseluruhan. Dengan kata lain beberapa App di Mac OS X mirip sekali dengan aplikasi portable pada system operasi windows.

 

Itulah sedikit wacana dari saya, semoga ada yg tertarik, bisa mengembangkannya jadi lebih mudah lagi 😀

Terimakasih juga buat teman-teman di Grup Hackintosh Facebook, karena dari situ saya bisa belajar dan diajari menggunakan Mac OS pada laptop saya ^_^

sumber: http://wahyuwardana.ilearning.me/?p=11

owner: https://www.facebook.com/groups/hackintosh.indonesia/?fref=nf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s