Upload Image dan Menyimpannya di Database MySQL

Upload Image dan Menyimpannya di Database MySQL. Tutorial ke-2 pada hari ini . Pada kesempatan ini tutorialweb akan membuat sebuah tutorial Bagaimana Cara Upload Image dan Menyimpannya di Database MySQL. Yuk kita mulai saja.

Karena nanti kita akan menyimpan file image di Database, maka pertama yang harus dilakukan adalah membuat Database, dan Database kali ini diberi nama tutorialweb. Jika Database sudah dibuat, sekarang Dumping script SQL di bawah ini:

Dari script di atas, kita akan mendapatkan sebuah Table dengan nama images. dan mempunyai field id, name, image. Dimana image bertipe blob.

Oke, Database dan Table beserta Fieldnya sudah jadi, sekarang kita buat sebuah file PHP, beri nama index.php kemudian ketikkan kode di bawah ini:

form-upload

Perhatikan pada baris ke-36 pada kode di atas, disana terdapat tag IMG yang sumber/source nya adalah get.php, nah file get.php inilah yang akan mengambil dan mengkonversi database, dan menampilkannya sebagai image.

Jadi sekarang buat file PHP baru, dan beri nama get.php, kemudian ketikkan kode dibawah ini:

Jika sudah, silahkan coba dan upload sebuah gambar, dan hasilnya jika berhasil akan muncul gambar/image yang sudah di upload dibawah form upload seperti gambar di bawah ini:

upload-image-database

Mudah bukan, silahkan coba.

SUMBER: http://tutorialweb.net/upload-image-dan-menyimpannya-di-database-mysql/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s