Membiasakan Ucapan Baik dan Benar 2

Ahlan wa sahlan adalah ungkapan emas bahasa arab yang kuraang dipahami oleh orang Indonesia. Karena kebanyakan orang Indonesia mengartikan, “Ahlan wa sahlan” dengan arti “selamat datang”, padahal ungkapan “Ahlan wa sahlan” adalah ungkapan yang sangat agung.

“Ahlan” dari kata “ahlun” artinya adalah KELUARGA dan “sahlan” dari kata “sahl” artinya adalah MUDAH, jadi seandainya kita mengucapkan “Ahlan wa sahlan” kepada seseorang yang datang kepada kita, artinya kita menerima atau menganggap tamu tersebut sebagai bagian dari keluarga kita dan kita akan memudahkan urusan dia ini sesuai dengan hadits Rosulullah shollallahu alaihi wasalam:
Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya di Hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitann niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya. Siapa yang menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu, akan Allah mudahkan baginya jalan ke syurga. Suatu kaum yang berkumpul di salah satu rumah Allah membaca kitab-kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, niscaya akan diturunkan kepada mereka ketenangan dan dilimpahkan kepada mereka rahmat, dan mereka dikelilingi malaikat serta Allah sebut-sebut mereka kepada makhluk disisi-Nya. Dan siapa yang lambat amalnya, hal itu tidak akan dipercepat oleh nasabnya.

sumber: http://nidaaul-haq.blogspot.co.id/2012/11/ternyat-arti-ahlan-wa-sahlan-bukan.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s