Fungsi tombol AEL – AFL

Tombol AEL & AFL adalah tombol yang sering ditanyakan saat kelas kupas tuntas kamera. Dan sebenarnya untuk memahami fungsi tombol ini tidak sulit.

Pertama-tama, kita harus tau singkatannya dulu, AEL = Auto exposure Lock, dan AFL = Auto Focus lock

Dari namanya saja, kita tau bahwa fungsinya untuk mengunci nilai exposure (shutter speed, bukaan lensa/aperture, ISO) dan focus.

Settingan pabrik/kamera, saat menekan setengah tombol shutter/jepret, yang terjadi adalah kamera menghitung dan mengunci exposure dan autofokus.

Cara mengaktifkan tombol AEL & AFL biasanya harus ditekan dan ditahan, nilai exposure tersebut akan terkunci (tidak berubah lagi) meskipun anda menekan setengah tombol shutter berulang kali. Demikian juga autofokusnya (AFL) akan terkunci ke jarak tertentu dan tidak akan aktif mencari fokus lagi meskipun letak kamera berubah dan tombol shutter ditekan setengah.

Di beberapa kamera, kita bisa mengubah setting AEL & AFL tidak harus ditahan. Untuk mengaktifkan hanya perlu tekan sekali dan tekan sekali lagi untuk menonaktifkan. (AE Lock hold)

Jadi tombol AEL-AFL sebenarnya kapan harus dipakai?

Di jaman dulu, banyak kamera hanya memiliki satu titik fokus, yaitu di tengah. Jika kita menghendaki posisi subjek ditengah-tengah, tentu gak ada masalah, tapi kalau ingin subjek yang fokus disebelah kanan atau kiri, tentunya akan lebih rumit. AEL-AFL membantu mengunci exposure dan fokus sehingga Anda bebas melakukan rekomposisi selama AEL-AFL tertahan. Terang gelap (exposure) dan fokus akan tetap pada subjeknya.

Di kamera modern saat ini, titik/area fokus sudah sangat banyak, jadi mengurangi kebutuhan untuk memotret dengan tombol ini.

Jangan lupa bahwa AEL tidak akan berfungsi saat mode kamera yang digunakan adalah mode M/Manual, karena di mode tersebut, exposure tidak akan berubah. Jadi yang lebih keliatan efeknya adalah saat kita mengunakan mode P, A (Av), dan S (Tv). Saat menekan tombol AEL, maka ISO, bukaan dan shutter speed tidak akan berubah meskipun Anda mengarahkan kamera ke arah yang berbeda-beda.

AEL & AFL akan berguna saat memotret panorama dengan mode P, A, S, supaya antara foto yang satu dengan yang lain tidak berbeda terang gelapnya. Juga membantu saat merekam video jika kameranya tidak mendukung mode manual seperti di kamera Nikon D90.

AEL (saat dipisahkan dari AFL melalui setting di menu) juga membantu untuk membuat foto siluet, misalnya di pantai saat sunset. Kita bisa mengarahkan kamera ke latar belakang, tekan setengah tombol jepret/shutter, dan tahan tombol AEL. Kemudian baru bidik ke subjek, fokuskan dengan menekan dan menahan setengah tombol shutter dan kemudian sampai penuh.

Rekomendasi: pisahkan tombol AEL dengan AFL di menu. Misalnya di kamera DSLR Nikon, ada pilihan “AE Lock Only” Pahami dan gunakan tombol AF-ON juga jika kamera Anda memilikinya.

tombol-ael-afl
Kalau yang kamera DSLR Canon, tombol bersimbol bintang * itu sifatnya seperti AEL lock only (AFLnya dengan menekan setengah tombol shutter). Jadi tidak usah dipisahkan.

Masih bingung dengan penjelasan diatas? Coba langsung praktik saja:

  1. Pilih mode P (Program), A atau S, hindari mode M (Manual).
  2. Arahkan kamera ke berbagai arah dan sesekali menekan setengah tombol shutter, coba lihat nilai bukaan dan shutter speed, apakah berubah-ubah?
  3. Bidik ke suatu objek, tekan setengah tombol shutter, tekan dan tahan tombol AEL-AFL, lalu arahkan ke tempat lain, periksa nilai bukaan dan shutter speednya? Apakah berubah?

Jika Anda berhasil, nilai exposure tidak akan berubah karena sudah dikunci saat Anda menekan dan menahan tombol AEL-AFL.

—-

Maksimalkan kamera digital Anda dengan mengikuti kupas tuntas kamera digital (SLR & Mirrorless). Cocok untuk yang baru memiliki kamera atau ingin memperdalam fitur-fitur umum di kamera digital era sekarang.

– See more at: http://www.infofotografi.com/blog/#sthash.bGTU4YH6.dpuf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s