Mengatasi Err99 Code di Kamera Canon DSLR

Beberapa Canon SLR kelas menengah kadang mengalami sakit Err99. Error 99. Anda sudah menuruti perintah di LCD screen tetapi kamera tidak sembuh-sembuh juga? Tidak usah panik dan bingung. Apalagi sampai membawa kamera Anda ke counter service resmi karena ini akan memakan waktu, tenaga, dan lain-lain. Kamera juga mesti nginap lama biasanya. Apalagi sampai membawa kamera ke tukang servis tidak jelas juntrungnya yang bisa-bisa membuat Anda kena tipu karena musti bayar mahal dan lain-lain. Tahukah Anda, yang Anda perlukan hanyalah sebuah penghapus pensil! Benar-benar penghapus pensil!

Err99 ini terjadi akibat lensa dan body kamera “tidak seiya sekata” yang disebabkan adanya gangguan saat proses “komunikasi” antara dua benda ini yang mengakibatkan gambar tidak terekam. Solusi untuk Err99 adalah jika mengikuti saran Canon (seperti tertulis di LCD screen saat error code keluar) adalah matikan kamera dan hidupkan kembali. Tetapi sekedar info saja, ini lebih banyak gagalnya daripada suksesnya.

Baiknya lakukan cara ini agar kesehatan kamera pulih untuk waktu yang lama.
1. Lepas lensa kamera lalu bersihkan bagian lens contact dengan penghapus pensil. Bener-bener penghapus pensil! Penghapus pensil akan membersihkan permukaan lens contact yang terbuat dari sejenis plated gold dari lapisan yang tercipta karena proses oksidasi. Lapisan inilah yang menghalangi “percintaan” antara lensa dan body kamera.
2. Bersihkan juga bagian lens contact yang terdapat di body kamera agar semakin nyambung komunikasi antara lensa dan body kamera. Baiknya dengan posisi mount menghadap ke bawah agar debu tidak jatuh ke dalam kamera. Penghapus kecil yang ada di pensil adik-adik (anak-anak) kita lebih cocok untuk membersihkan bagian ini.
3. Pasangkan lagi lensa ke kamera.
4. Kamera kembali sehat. Dijamin!!!

PS:
– Baiknya lakukan ini terlebih dahulu sebelum membawa kamera Anda langsung ke service counter resmi. Karena di sana Anda belum tentu “nyaman”. You know what i mean…
– Kasus ini untuk lensa asli Canon. Kalau untuk lensa non original bisa jadi hasilnya akan berbeda.
– Untuk kasus ini kamera dimaksud adalah Canon Eos 400D.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s