Hilangkan VIRUS Autorun.inf, *.pif dan *.exe

Sepulang kerja saya langsung menyapa komputer saya di rumah, kata kaka saya komputer terkena virus autorun.emmh,,, bayangan saya itu virus autorun biasa atau folder yang biasa dibikin smadav buat proteksi gitu. Jadi saya bilang santai aja. Tapi pas saya liat sendiri di komputer ,, Waduuhhh kacau Surprised, setiap buka drive di hardisk langsung muncul peringatan dari smadav (oia saya pake AV Smadav). wahh parah juga nih virus ada di setiap drive. saya coba hapus-hapus tuh virusnya gak bisa-bisa. Selanjutnya yang saya lakukan adalah melakukan scanning dengan AV Smadav yang sudah terinstall di komputer saya sejak lama. Laughing . nah ini dia hasil scaningnya .

Hasil Scan

Bisa di liat itu virusnya berekstensi *.exe dan ada juga yang berekstensi *.pif, wah virus dari mana nih. Lalu saya cari

sumbernya dan ternyata virus itu berasal dari file autorun.inf yang ada di setiap drive di harddisk. Waktu itu tanpa pikir panjang saya buka itu file autorun.inf dengan notepad. Dan ini dia isi script autorun.inf tersebut

autoruninf

Terlihat jelas kalau yang biang keroknya adalah file autorun.inf ini yang membuat file lain berekstensi *.pif dan *.exe.

Cara pertama yang saya lakukan adalah menghapus file autorun ini via linux live cd karena di windows file ini sudah tidak bisa dihapus, dan berhasil saya hapus tapi setelah saya scan virus itu masih saja ada di drive setiap hardisk, wah semakin bingung saja saya. Tapi saya tidak putus asa. Cara kedua, saya coba pakai cara yang sama tapi bedanya setelah saya hapus file autorun.inf, *.pif , *.exe di linux lalu saya masuk windows dengan mode safemode. Cara masuk mode safemode bisa dengan menekan tombol F8 atau F2 saat booting secara terus menerus,, Cool . Nah setelah saya masuk mode safemood lalu saya lakukan scanning lagi dengan AV smadav dan hasilnya Sama saja, virusnya pun masih ada, tapi virus tersebut bisa di hapus oleh smadav, Dan saya lakukan scanning berulang-ulang dan ternyata smadav berkata TIDAK ADA VIRUS TERDETEKSI .. Horrreeee. virusnya sudah hilang. Lalu saya restart komputer dan masuk windows dengan mode user biasa, saya check apakah virus itu benar-benar sudah hilang. Aduuuuhhhhhh.. Threat detect lagii,, cape dehhh.. Cry . Saya hampir malas ngurusin virus itu dan mau install ulang dan format saja. Tapi saya mendapat pencerahan dari om google saya mendapat cara yang benar-benar ampuh bisa membasmi virus itu sampai ke akar-akarnya. Sebagai berikut :

1. Turn off system restore caranya Klik kanan My Computer >> Properties >> Pilih System Restore >>  Checklist Turn off     system restore >> Yes >> apply >> ok .

2. Install smadav pro 8.2 aja soalnya sudah da cracc nya ,,hehe . bisa anda dapatkan dengan browsing di google, saya       lupa waktu itu download dimana,,hehe

3. Buat script seperti ini :

attrib -r -a -s -h autorun.inf
erase autorun.inf
copy remove.inf autorun.inf
attrib +r +a +s +h autorun.inf
dan save dengan nama hapus.bat , dan buat juga file remove.inf isinya terserah anda . Laughing
4. Buka AV Smadav lalu pilih tools >> win force, klik ke 4 pilihan iini .
smadav win forc
4 . Restart komputer .
5. Copy hapus.bat dan remove.inf yang sudah di buat tadi ke masing-masing drive yang terkena virus ke C: D: atau E:
6. Klik 2x hapus.bat , lakukan itu di semua drive yang terkena virus . Jika berhasi file autorun.inf telah beruban nama           jadi remove.inf dan akhirnya virus itu lenyap.
7. File remove.inf dan hapus.bat bisa anda hapus atau hidden saja , kali aja nanti tuh virus balik lagi, hehe..

Sekian pengalaman dari saya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

