Mengatasi MSCOMCTL.OCX yang Tidak Bisa Dimuat Dalam Project Visual Basic 6.0.

MSCOMCTL.OCX coult not be loaded—Continue Loading Project?

Ya sebaris pesan di atas akan membuat anda frustasi dan marah, ataupun anda bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi. Jika anda menemui kendala seperti ini silahkan simak beberapa langkah praktis berikut.

Kontrol MSCOMCTL.OCX berisi control-kontrol seperti Listview, Statusbar dan beberapa kontrol penting lainnya yang sangat bermanfaat pada saat anda melakukan pemrograman menggunakan MS. Visual Basic 6.0.

Masalah yang sering muncul adalah pada saat anda akan membuka project yang sebelumnya telah anda buat, ternyata anda menemui pesan bahwa kontrol MSCOMCTL.OCX tidak dapat dimuat ke dalam project. Padahal pada saat anda membuat beberapa waktu sebelumnya project anda telah berjalan dengan sempurna. Anda menemukan pesan MSCOMCTL.OCX coult not be loaded—Continue Loading Project? Ini menandakan terjadi masalah serius dalam project anda. Karena ketika anda memilih opsi Yes, maka project anda akan dibuka dengan kondisi tidak menyertakan control MSCOMCTL.OCX. kondisi yang terjadi selanjutnya beberapa control yang anda ambil dari MSCOMCTL.OCX akan digantikan dengan control Picturebox. Dan jika anda menjalankan program tersebut maka otomatis program anda akan Debug di sana-sini.

 

 

 

Sebenarnya apa yang terjadi di balik semua ini? Pada dasarnya MSCOMCTL.OCX yang ada di dalam project anda berbeda versi dengan control yang ada di dalam Visual Basic 6 yang sedang anda gunakan. Ini terjadi karena anda kemungkinan menggunakan Sistem Operasi yang lebih rendah versinya dengan Sistem Operasi pada saat anda membuat project sebelumnya. Misalnya anda membuat project Visual Basic 6.0 menggunakan Windows XP Service Pack 3, kemudian suatu ketika anda membuka project anda menggunakan Windows XP Service Pack 1.

Jika anda menemui kendala seperti ini anda cukup melakukan beberapa tahapan sebagai berikut.

1. Buka Project Anda menggunakan Notepad. Pada bagian ini anda akan mendapatkan daftar object apa saja yang anda sertakan dalam project.

2. Kemudian pada bagian MSCOMCTL.OCX pada bagian #2.1#0 anda ganti menjadi #2.0#0 agar versi control tersebut diturunkan menjadi versi 2.0.

Object={831FDD16-0C5C-11D2-A9FC-0000F8754DA1}#2.1#0; MSCOMCTL.OCX

Ubah menjadi

Object={831FDD16-0C5C-11D2-A9FC-0000F8754DA1}#2.0#0; MSCOMCTL.OCX

3. Selanjutnya anda cukup menyimpan project yang baru saja anda ganti isinya melalui notepad.

Langkah terakrhir tentunya adalah silahkan buka project anda sebelumnya, dan SELAMAT anda telah dapat membuka project anda dengan sempurna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s