Belajar dari Setan

Apapun alasannya, ajakan dan bujuk rayu setan selalu menjerumuskan kita ke jurang neraka — neraka adalah tempat penyiksaan bagi mahluk Allah yang membangkang. Mereka adalah orang-orang yang membangkang terhadap syariat Allah dan mengingkari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam — neraka Huthamah yang ditempati orang Yahudi, neraka Hawiyah yang didalamnya ditempati orang-orang munafik dan orang-orang kafir, neraka Jahannam, neraka Jahim yang didalamnya ditempatkan orang-orang musyrik, neraka Saqar yang ditempati oleh orang penyembah berhala, neraka Sa’ir di dalamnya ditempati orang-orang Nasrani dan neraka Wail.

Kata neraka sering disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an. Dalam bahasa Arab disebut naar (ar)* (an-nār). Siapapun orang yang dimasukkan ke dalam neraka, dia tidak akan keluar darinya. Pintu neraka berdiri kokoh dan tertutup rapat. Itulah penjara bagi orang-orang yang menganggap remeh berita tentang pengadilan akhirat.

Didalam Al-Qur’an disebutkan bahan bakar neraka adalah dari manusia dan batu (ada yang mengartikan berhala). Pintu gerbang Neraka di pimpin oleh Malaikat Malik, yang memiliki 19 malaikat penyiksa didalam Neraka, salah satunya yang disebut namanya dalam Al-Qur’an adalah Zabaniah.

Maukah kita masuk ke dalam neraka? Siapapun orangnya tentu tidak akan mau masuk untuk “menginap”  atau bahkan hanya sekedar “mengintip” bagian neraka. Lalu, siapa penyebab atas terjerumus atau masuknya kita ke dalam neraka? Tentu karena kita terbujuk rayu oleh setan dan sifat jahat setan yang selalu ingin “mengajak” umat manusia di muka bumi ini ke jalan yang sesat menjadi temannya di neraka.

Tapi coba kita intip, dibalik sifat jahat setan ada manfaat yang dapat dipetik sisi positifnya. Buka berarti sifat-sifat setan patut ditiru oleh kita. Sifat positif ini karena kita mengarahkannya ke sudut pandang dan perbuatan yang positif.

Dalam menjalankan misinya setan selalu Pantang Menyerah. Dia tidak akan pernah menyerah selama keinginannya untuk menggoda manusia belum tercapai. Sedangkan manusia banyak yang mudah menyerah dan malah sering mengeluh dalam menggapai sesuatu ataupun dalam menghadapi ujian dari ALLAH SWT.

Kreatif, Setan akan mencari cara apapun dan bagaimanapun untuk menggoda manusia agar tujuannya tercapai, selalu kreatif dan penuh ide. Sedangkan manusia ingin enaknya saja, banyak yang malas. Kebanyakan dari manusia selalu ingin mendapatkan mendapatkan sesuatu dengan cara yang instan, padahal cara instan tersebut bisa merugikan orang lain. Yang Haram dianggap menjadi hal yang wajar(Halal)

Konsisten, Setan dari mulai diciptakan tetap konsisten pada pekerjaannya, tak pernah mengeluh dan berputus asa. Sedangkan manusia banyak yang mengeluhkan pekerjaannya, padahal banyak manusia lain yang masih nganggur dan membutuhkan pekerjaan.

Solider, Sesama setan tidak pernah saling menyakiti, bahkan selalu bekerjasama untuk menggoda manusia. Sedangkan manusia, jangankan peduli terhadap sesama, kebanyakan malah saling bermusuhan, membunuh dan menyakiti.

Jenius, Setan itu paling pintar otaknya dalam mencari cara agar manusia tergoda. Sedangkan manusia banyak yang tidak kreatif, bahkan banyak yang jadi peniru dan plagiat, tidak mau menciptakan ide-ide baru.

Tanpa Pamrih, Setan itu bekerja 24 Jam tanpa mengharapkan imbalan apapun. Sedangkan manusia, tidak dibayar tidak akan dilakukan. Materi seharusnya bukanlah hal yang terpenting dalam hidup ini! Harusnya kita saling membantu kepada sesama umat manusia.

Suka berteman dan kompak, Setan adalah mahluk yang selalu ingin mencari teman. Sejak ia dikutuk  berteman agar banyak temannya di neraka kelak. Sedangkan manusia banyak yang lebih memilih mementingkan diri-sendiri dan egois. Manusia dalam mengerjakan sesuatu cenderung ingin menonjolkan kemampuannya sendiri dibanding bekerja sama dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s