Masa atau Waktu

Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. KECUALI orang-orang beriman dan mengerjakan amal sholeh, saling menasehati dalam kebaikan dan saling menasehati dalam kesabaran.

Ayat itu diawali dengan sumpah Allah dzat yang punya hidup dengan menyebut waktu “Ashar” yang merupakan bagian dari masa. Seberapa pentingkah waktu bagi kita sehingga Allah pun bersumpah yang maknanya memperingatkan kita untuk memperhatikan waktu (masa). Bahkan Rasulullah SAW juga mempertegas hal itu melalui hadist yang berbunyi “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara, Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, Hidupmu sebelum datang kematianmu.

Beberapa ilmu tafsir mengartikan surat Al-Ashr dan hadist itu sebagai bahan peringatan atau nasihat bagi kita untuk tidak menyia-nyiakan waktu.

Frasa penggalan kalimat ke empat pada hadist Rasulullah SAW tentang masa kayamu sebelum masa kefakiranmu dan penggalan kalimat ke lima masa luangmu  sebelum datang masa sibukmu. Bagi saya yang belum diberikan kesempatan kaya harta materi dan belum punya kesibukan yang banyak “membelenggu” masa untuk mencari materi dunia belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Timbul pertanyaan bodoh saya, bagaimana memanfaatkan masa itu sehingga saya tidak dalam kerugian, karena detik demi detik yang sudah berlalu habis terbuang begitu saja tanpa ada hasil.

Mencari sebuah jawaban itu, saya mencoba membuka dari banyak artikel yang menyajikan tentang bagaimana memanage waktu, dari kutipan-kutipan orang ternama seperti William Shakespeare sampai Benjamin Franklin, tetapi tidak ada solusi yang ditawarkan dalam pendapat dan motivasi itu.

Jangan kita tersesat dalam langkah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s